Senin, 15 Februari 2010

Yaris TRD buat Anak Muda dari Toyota











Taktik PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan Toyota Yaris TRD Sportivo limited edition guna mendukung penampilan kawula muda cukup jitu. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota di Indonesia ini ingin memberi sensasi balap saat berkendara di jalan raya kepada kalangan anak muda.

Guna memenuhi ambisi itu, TAM menggandeng Toyota Racing Development (TRD), rumah modifikasi yang dipercaya prinsipal Toyota di Jepang untuk memoles produk mereka, baik untuk kepentingan sport maupun penampilan sehari-hari. Nama TRD cukup kondang di dunia dan familier di kalangan anak muda Tanah Air. Selain itu, ada juga TOM`S, Kuwahara, dan Majolca yang pernah meramaikan kancah sport otomotif di Tanah Air.

Keterlibatan TRD pada program TAM ini hanya sebatas penyuplai perlengkapan, terutama eksterior, seperti bumper depan berikut spoiler. Kemudian bumper belakang berikut spoiler plus muffler, sayap atas di kaca belakang, emblem TRD Sportivo, serta side skird.

Dengan memakai komponen TRD itu, tampilan Yaris dari varian J itu jadi gagah. Bahkan, ground clearance-nya lebih pendek 4 sentimeter setelah sokbreker dan per standar diganti milik TRD. Tampilan Yaris TRD Sportivo akan lebih bagus jika pelek standar diganti dengan corak anak muda.

"Semua paket TRD ini dikenakan biaya sekitar Rp 20 juta," kata Achmad Rizal, Marketing Communication Manager PT TAM. Peminat perlengkapan TRD bisa membeli body kit saja atau sokbreker berikut pernya. Kalau mau membeli yang sudah jadi, saat ini harus bersabar lantaran 10 unit pertama sudah laku terjual.

Untuk merasakan sensasi balap, TAM mengajak para wartawan menjajal Yaris TRD Sportivo LE itu ke paving ground (trek tes) Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, Rabu (23/7). Sebelum uji coba, pihak TAM mengumumkan hasil prestasi yang dicapai Team Toyota Indonesia di arena balap dan Slalom, yakni balapan terakhir bertingkat internasional AFOS di Sentul (20/7). Pembalap Haridarma yang tampil mengendarai Toyota Vios berhasil memenangi lomba di kelas Asian Touring Car Super 1.500 cc.

Sebelum membesut Yaris TRD, wartawan disodorkan Yaris standar untuk mengitari trek berjarak kurang dari 2 km itu. Kedua sedan itu bertransmisi manual. Kompas.com ikut menjajal, dan memang Yaris TRD Sportivo lebih stabil di tikungan, termasuk tingkat keolengan bodi lebih rendah.

Perubahan paling kentara ketika masuk lap kedua dengan mengambil jalur bergelombang dan kasar. Dengan kecepatan tertinggi 80 km per jam, laju sedan hatchback ini tetap stabil dan tidak bergeser. Begitu juga ayunan bodi tidak keras.

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2008/07/24/14160258/yaris.trd.buat.anak.muda.dari.toyota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar