Jumat, 05 Februari 2010

Toyota Design Competition 2009: Yaris In Your Imagination Tabloid Otomotif

Release Date : Kamis, 23 April 2009
Media : Otomotif, at page 7, size 950 mmk
Source : Donny Adhi Yuwono, section head accessories department PT TAM

Pengin menguji kreativitas sekaligus dapat pengalaman soal dunia desain otomotif yang sesungguhnya? Untuk kedua kalinya PTToyotaAstra Motor menggelar Toyota Design Competition (TDC). Tahun ini lomba memberi kesempatan bagi pencinta mobil dan desain untuk sebebas-bebasnya mengekspresikan imajinasi mengenai Toyota Yaris. Hadiahnya menggiurkan Iho, enggak cuma menambah isi kantong, tapi juga ilmu dan pengalaman.

HADIAH MAGANG
Tahun ini TDC akan betul-betul memanjakan anak muda. Dengan tema yang akrab dengan kaum muda, Yaris. Kalau tahun lalu khusus hanya untuk mahasiswa, kali ini dibuka kelas baru untuk jurnalis. Selain itu, kalau tahun lalu ada kategori aksesori dan desain mobil, TDC 2009 hanya membuka kategori desain mobil saja.

"Tiap peserta bebas untuk mengekspresikan imajinasinya tentang Yaris mau dibikin apa. Apa mau jadi mobil pantai, untuk surfing, atau dibikin kabriolet. Terserah mereka mau dibikin apa untuk menunjukkan gaya Yaris yang cocok untuk orang muda," papar Donny Adhi Yuwono, section head accessories department PT TAM.

Konsepnya seperti kontes modifikasi Yaris Show Off. Tapi kalau di situ
betul-betul diaplikasi ke mobil, TDC hanya sebatas ide. Peserta bebas mengirim ide rancangan Yaris dalam berbagai gaya, sporty, casual atau stylish.

TDC bukan sekadar lomba, ajang pembuktian atau adu kreativitas, tapi juga bisajadi kesempatan menambah ilmu. Sebelum lomba lebih dulu diadakan seminar desain di kampus. Kalau tahun lalu hanya di dua kota, kali ini seminar akan digelar di 5 Universitas. Di UniversitasTrisakti, Pelita Harapan dan Bina Nusantara untuk Jakarta, InstitutTeknologi Bandung, Itenas Bandung dan Universitas Petra, Surabaya.

"Sebelum lomba kita sharing, dunia desain Toyota itu kayak apa. Jadi mereka lebih memahami dunia industri desain itu seperti apa," lanjut alumnus Institut Teknologi Bandung ini. Kalau menang, hadiahnya enggak cuma notebook Sony VAIO FW series. Tapi juga kesempatan magang selama enam bulan di TAM. Pemenang akan terlibat dalam real project TAM yang sedang berjalan.

"Lomba bisa sebagai media bertarung untuk jadi yang terbaik.Trus yang tadinya culun dengan styling automotive dan proses kerjanya, sekarang udah bisa meraba apa yang akan dikerjakan automotive designer.lrus bagaimana bekerjasama dengan desainer lain dan Quality Control-nya. Saya dapat banyak pengalaman preview design ke tingkat manajemen," jelas Apid Rustandi, juara desain aksesori TDC 2008. Selama 6 bulan, lulusan Indutrial Desain, Institut Teknologi Bandung ini magang di departemen aksesori PT TAM dalam tim desain Yaris Minor Change.

TDC merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk mendekatkan dunia industri dengan dunia akademis atau mahasiswa. Kalau dulu link and match itu cuma sebatas slogan, Toyota menyajikan kerjasama yang menguntungan kedua pihak. "Kita ingin memberi gambaran pada mahasiswa, dunia kerja itu seperti apa. Di sini bisa dapat semangat team work, karena selama kuliah mereka diajar untuk jadi superman, bukan superteam. Selama di sini mereka belajar untuk berinteraksi dengan orang lain, untuk bekerja dalam satu tim," papar Donny.

Sementara mahasiswa seperti Apid bisa langsung mendapat gambaran nyata mengenai profesinyayang bakal dilakoni. "Di tempat kuliah styling design harus kita sendiri yang cari, mereka nggak ngajarin tapi secara keseluruhan saya mulai temukan sedikit-sedikit kebenaran yang diajarkan waktu kuliah saat aplikasi di Toyota," imbuh Apid.

Biar enggak ketJnggalan, ulik informasi dan formulir pendaftarannya dari www.toyota.astra.co.id. Karya dikirimkan via email lewat yariscommunity@gmail.com. "Yang pasti harus jujur dengan konsep kita. Trus sketsa itu penting lo sebagai identitas, jadi juri tahu proses berfikir kita seperti apa," saran Apid.

SEKILAS NEWS YARIS
Nomor 1 untukThe best Quality Product proven berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2008 terhadap 2.796 pemilik kendaraan baru. Survey dilakukan oleh JD Power, sebuah lembaga survey pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar