Rabu, 10 Februari 2010

Groovers Datangi Pabrik Ban Achilles


Jakarta - Komunitas Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) punya acara spesial pekan lalu. Komunitas hatchback Toyota satu-satunya ini mengunjungi pabrik ban PT Multistrada Arah Sarana (MAS) yang terkenal dengan ban merek Achilles di hari Sabtu, 6 Februari 2010.

Kunjungan ke pabrikan ini merupakan kegiatan pembuka dari serangkaian kegiatan yang akan digelar TYCI tahun ini.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen pengurus TYCI untuk terus memberikan wawasan dan pengetahuan seputar dunia otomotif kepada para anggota klub, sebagaimana diamanahkan dalam AD/ART organisasi.

"Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Saya kira kunjungan ke pabrik milik MASA ini akan memberikan wawasan dan pencerahan bagi para groovers mengenai bagaimana seluk beluk pembuatan sebuah komponen yang menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan dan keamanan berkendara," ujar Dwi Setiawahyudi, Ketua Umum TYCI.

TYCI pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak MASA atas kesempatan langka yang diberikan kepada TYCI.

Tak kurang dari 33 mobil Yaris mengikuti kegiatan ini. Dan seperti biasa, para groovers menjadikan rest area KM19 tol Jakarta-Cikampek sebagai titik rendezvous sebelum berangkat menuju lokasi pabrik.

Sekitar pukul 11.00 WIB siang 6 Februari, konvoi Yaris yang dibagi menjadi lima kelompok mulai bergerak meninggalkan rest area menuju pitstop pertama, yakni Cikarang Golf & Country Club, dimana rombongan dijamu makan siang dan menyaksikan presentasi yang diberikan MASA seputar aktivitas pemasaran 2009-2010, penjelasan mengenai proses produksi ban dan mesin-mesin produksi andalan MASA, serta coaching clinic seputar pemilihan dan perawatan ban. Usai makan siang dan presentasi, konvoi pun melanjutkan perjalanan sejauh 2 km menuju lokasi pabrik MASA.

Setelah mendapatkan briefing mengenai aturan kunjungan dan masalah safety di lingkungan pabrik, rombongan pun langsung masuk ke lokasi produksi dengan berjalan kaki kurang lebih 1km.

Di dalam pabrik, para groovers dapat langsung melihat proses produksi mulai dari pengolahan bahan mentah sampai tahap akhir ban sudah jadi dan masuk ke bagian kontrol kualitas dan penyimpanan.

Para groovers berkesempatan menyaksikan langsung cara kerja alat-alat produksi canggih seperti yang telah dijelaskan dalam presentasi, misalnya mesin quadruplex extruder yang berfungsi membuat kompon multi lapis untuk tapak ban, mesin pembuat steel bead sampai mesin assembly three-in-one yang mampu mengerjakan tiga proses perakitan ban sekaligus sebelum akhirnya masuk ke mesin pembuat kembangan ban yang juga berfungsi sebagai mesin untuk mematangkan ban atau proses curing.

Selama kunjungan terlihat antusiasme para groovers sangat tinggi. Tak jarang sejumlah groovers terpaku melihat mesin-mesin produksi yang ada di sana, misalnya mesin assembly yang cara kerjanya memang cukup asyik buat dilihat.

Hujan lebat menandai akhir kunjungan di lokasi produksi ban. Namun bukan berarti acara sudah berakhir karena para groovers masih disuguhi acara pamungkas yakni slalom & drift experience, dimana beberapa rekan groovers berkesempatan mencicipi manuver-manuver slalom dan drift mencekam di tengah-tengah guyuran hujan deras.

Dwi menambahkan acara kunjungan ke pabrik MASA ini merupakan gong pembuka dari serangkaian kegiatan yang akan digelar TYCI tahun 2010 ini.

"Selain kunjungan pabrik, kami juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan coaching clinic, bakti sosial, sosialisasi mengenai smart driving ke para anggota, dan tentunya touring ke luar kota yang menjadi menu wajib dalam kegiatan TYCI," tutup Dwi.

source : http://oto.detik.com/read/2010/02/10/150804/1296809/640/groovers-datangi-pabrik-ban-achilles

INILAH.COM, Jakarta-Dalam rangka menambah pengetahuan tentang ban, Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) berkunjung ke fasilitas produksi ban PT Multistrada Arah Sarana (MASA), Sabtu (6/2), di Cikarang, Tangerang. Kunjungan ke pabrikan yang dikenal dengan produk ban bermerek Achilles ini merupakan kegiatan pembuka dari serangkaian kegiatan yang akan digelar TYCI tahun ini.

“Ban merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Saya kira kunjungan ke pabrik milik MASA ini akan memberikan wawasan dan pencerahan bagi para groovers mengenai bagaimana seluk beluk pembuatan sebuah komponen yang menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan dan keamanan berkendara,” ujar Ketua Umum TYCI Dwi Setiawahyudi dalam keterangan resmi yang diterima INILAH.COM, Rabu (10/2).

Tak kurang dari 33 mobil Yaris mengikuti kegiatan ini. Dan seperti biasa, para groovers menjadikan rest area KM19 tol Jakarta-Cikampek sebagai titik rendezvous sebelum berangkat menuju lokasi pabrik.

Sekitar pukul 11.00wib, konvoi Yaris yang dibagi menjadi lima kelompok mulai bergerak meninggalkan rest area menuju pitstop pertama, yakni Cikarang Golf & Country Club, dimana rombongan dijamu makan siang dan menyaksikan presentasi yang diberikan MASA seputar aktivitas pemasaran 2009-2010, penjelasan mengenai proses produksi ban dan mesin-mesin produksi andalan MASA, serta coaching clinic seputar pemilihan dan perawatan ban.

Usai makan siang dan presentasi, konvoi pun melanjutkan perjalanan sejauh 2km menuju lokasi pabrik MASA. Setelah mendapatkan briefing mengenai aturan kunjungan dan masalah safety di lingkungan pabrik, rombongan pun langsung masuk ke lokasi produksi dengan berjalan kaki kurang lebih satu kilometer.

Di dalam pabrik, para groovers dapat langsung melihat proses produksi mulai dari pengolahan bahan mentah sampai tahap akhir ban sudah jadi dan masuk ke bagian kontrol kualitas dan penyimpanan. Para groovers berkesempatan menyaksikan langsung cara kerja alat-alat produksi canggih seperti yang telah dijelaskan dalam presentasi, misalnya mesin quadruplex extruder yang berfungsi membuat kompon multi lapis untuk tapak ban, mesin pembuat steel bead sampai mesin assembly three-in-one yang mampu mengerjakan tiga proses perakitan ban sekaligus sebelum akhirnya masuk ke mesin pembuat kembangan ban yang juga berfungsi sebagai mesin untuk mematangkan ban atau proses curing.

Sejumlah anggota TYCI berkesempatan ber-slalom dan drifting di tengah-tengah guyuran hujan deras. Dwi menambahkan acara kunjungan ke pabrik MASA ini merupakan gong pembuka dari serangkaian kegiatan yang akan digelar TYCI tahun 2010 ini.

“Selain kunjungan pabrik, kami juga akan mengadakan kegiatan-kegiatan coaching clinic, bakti sosial, sosialisasi mengenai smart driving ke para anggota, dan tentunya touring ke luar kota yang menjadi menu wajib dalam kegiatan TYCI,” ujar Dwi.

source : http://inilah.com/news/read/otomotif/2010/02/10/336762/tyci-kunjungi-pabrik-achilles/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar