Jumat, 05 Februari 2010

Dan Pemenangnya Adalah.... YARIS

Release Date : Selasa, 24 November 2009
Media : MobilMotor, at page 26-29, size 4400 mmk
Journalist : Uslik Kristinila
Source : Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM); Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT. TAM

Kepulan asap dry ice yang diikuti dengan silaunya pandangan mata, menjadi acara pamungkas pada malam penganugerahan mobilmotor Indonesian Car of the Year 2009. Dan perlahan, sebuah mobil keluar dari balik panggung....

Begitulah suasana yang terjadi sesaat sebelum 270 tamu undangan mengetahui siapa mobil terbaik pada mobilmotor Indonesian Car of the Year 2009. Raut muka tegang dan penasaran, terlihat dari mimik tamu undangan, khususnya tamu ATPM yang mobilnya menjadi finalis pada ajang ini. Sesaat kemudian, suara bernada bariton melontarkan kalimat "Dan sebagai best of the best dalam MM-ICOTY 2009 adalah...Toyota Yaris S A/T Limited!"

Seketika tanpa dikomando, seluruh pengunjung yang memenuhi area Ballroom Pacific Place memberikan applause. Suasana pun bergemuruh menyambut kemenangan Toyota Yaris S A/T Limited. Di balik kumis tebalnya, Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM) tampak tersenyum lebar. Begitu pun Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT. TAM. Prosesi puncak acara malam penganugerahan MM-ICOTY 2009 berlangsung lancar. Sebelumnya, tak pernah terpikirkan bagi kami, seluruh panitia MM-ICOTY 2009, bahwa rangkaian acara akan berjalan semulus ini.

Sesuai dengan waktu yang ditentukan, pintu masuk menuju foyer Ballroom 1 The Ritz-Carlton Pacific Place baru dibuka pukul 17.45 WIB. Lima belas menit kemudian, undangan yang terdiri dari produsen mobil, sponsor, birokrat pemerintahan, lembaga keuangan, advertising agency, dan tamu lainnya satu per satu berdatangan.

Setelah melewati detektor keamanan, seluruh tamu berfoto pada hall of fame. Petinggi produsen mobil yang pertama datang adalah Will Angove, Presdir PT. Ford Motor Indonesia. Sementara Jonfis Fandy, Direktur Sales dan Marketing PT. Honda Prospect Motor tercatat sebagai petinggi ATPM yang datang dalam rombongan akhir.

"Coba tahun-tahun sebelumnya, malam penganugerahan diadakan di tempat seperti ini," ujar salah satu petinggi ATPM mengomentari tentang lokasi Malam Penganugerahan yang terletak hotel dan kawasan paling prestisius Jakarta. "Tahun depan bakal di hotel manalagi nih! Belum ada yang se-wah ini,"...dan masih banyak komentar positif lainnya yang membuat kami harus lebih baik lagi di masa mendatang. Saat ini hanya ucap syukur dan rasa terima kasih yang dapat kami sampaikan, atas kehadiran para tamu memenuhi undangan Malam Penganugerahan ini.

Acara penganugerahan menjadi 'gong' dari rangkaian acara bergengsi yang kami buat. Tak ada bagi-bagi penghargaan demi menyenangkan pihak tertentu. Nada miring mengenai pengujian kami yangdiperjualbelikan, tidak terbukti. Tak ada satupun sponsor ATPM dalam rangkaian pengujian MM-ICOTY. Kami bangga karena independensi pengujian ini diakui oleh para produsen mobil. Parameter yang kami gunakan jelas dan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan konsumen di Indonesia, bukan belahan dunia lain. Kami berpatokan pada data dan nilai pengujian, bukan seberapa sering si produsen memberikan iklan dan sponsor kepada media otomotif tertua di Indonesia ini.

Kami menyadari, pro dan kontra sulit dihindari pada setiap penganugerahan dari hasil pengujian. Tentu ada pihak yang tidak puas dengan hasil ini. Dan kami dengan terbuka menerima masukan serta siap berdiskusi dengan memaparkan data yang kami miliki. Pintu gerbang redaksi MM terbuka lebar. Tak ada yang ditutupi, tak ada yang disembunyikan, pengujian yang kami lakukan murni untuk mendapatkan siapa yang terbaik di antara yang terbaik. Kami sangat menjaga integritas, kredibilitas dan nama besar MM.

Dan ketika gerbang ballroom dibuka, tak ada kata mundur untuk mengakhiri sesi tahun ini. Rangkaian acara akbar pengujian mobil, mobilmotor Indonesian Car of the Year 2009 berakhir. Terima kasih kepada pihak sponsor dan produsen mobil yang kami pinjam unitnya. Sampai jumpa di MM-ICOTY 2010...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar