Jumat, 05 Februari 2010

Toyota Yaris Raih ICOTY 2009

Jakarta Gelaran Indonesia Car Of The Year (ICOTY) 2009 versi majalah MobilMotor menobatkan Toyota Yaris sebagai pemenang. Sedan hatchback berkapasitas 1.500 cc itu menjadi yang terbaik dari 31 mobil yang diuji untuk ajang ini.

Saya kaget Yaris menjadi ICOTY 2009. Ini membuktikan bahwa Yaris memang terbaik di kelasnya. Saya berterimakasih kepada para customer loyal Toyota, ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, usai menerima Setir Emas.

Selain Yaris, Toyota juga menjadi pemenang besar di ICOTY 2009 karena meraih enam gelar. Keenam gelar tersebut, antara lain Best Mini MPV (Toyota Yaris), Best Medium Sedan (Toyota All New Corolla Altis), Best SUV Diesel (Toyota New Fortuner), Best Double Cabin (Toyota Hilux), Best Exhibition (Toyota Prius), dan Best of The Best Car/ICOTY 2009 (Toyota Yaris).

Pengujian ICOTY 2009 dilaksanakan di Sentul City dan Sirkuit Sentul berlangsung pada 8 13 Oktober 2009. Event yang melibatkan 31 mobil dari 12 agen tunggal pemenang merek (atpm) ini tidak lagi berpatokan pada angka penjualan. Tujuannya, produsen yang angka penjualannya tidak sesuai dengan syarat yang ditetapkan (200 unit/tahun), dapat ikut menjadi finalis.

Pemilihan juri dilakukan oleh redaksi MobilMotor yang penyeleksiannya dalam kurun waktu 6 bulan. Juri dari pembaca harus memenuhi berbagai syarat seperti mengerti teknis mobil, berpengalaman dalam memilih mobil, tidak terhubung dengan salah satu produsen, mengikuti perkembangan teknologi mobil, dan memiliki pemikiran sebagai seorang konsumen.

Selama 6 hari pengujian, seluruh finalis mengikuti pengujian yang meliputi City Orientation, uji emisi, uji visibilitas, uji ruang kabin, uji iluminasi, uji audio, uji kesenyapan kabin, dan uji performa. Khusus City Orientation, pengujian dilakukan oleh 7 juri independen yang profesional di bidangnya masing.

Faktor depresiasi atau penyusutan harga mobil selama satu tahun menjadi salah satu penilaian dalam ICOTY 2009. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar