Rabu, 10 Februari 2010

Toyota Yaris S Limited 2006 : Hanya 1 Pekan, 3 Trophy Juara SQ Diraih

yaris-s1
Berhasil mengikuti 2 kontes sound quality berbeda, Toyota Yaris ini telah mengalami pergantian sistem audio dalam satu pekan. Hasilnya di dua kontes berbeda, EMMA Indonesia dan Pioneer Kontes menjadi juara 1. Sebuah prestasi gemilang yang ditorehkan Dynamics Auto Sound.


Saat diambil foto, mobil ini baru saja meraih juara di kontes SQ Final EMMA, juara 1 kelas 20 Juta dan juara 3, penyisihan EMMA 2011 kelas Experience 20 juta, (30-31/1). Namun saat berita ini ditulis, mobil Yaris berkelir silver ini kembali menjadi juara 1 Pioneer Kontes di MGK (5/2). Kecepatan dalam mendulang prestasi ini berkat tangan dingin Suryadi, Installer Dynamics Autosound, PMK, Jakarta.

Pria berkaca mata ini sangat mengenali kontur kabin Toyota Yaris. Selain itu mobil ini memiliki system audio yang berbeda dalam 2 kontes yang diikut sertakan. Pasalnya kontes tersebut memiliki kharakteristik perbedaan driver.

Bagi Suryadi, selama tuning nya tepat dan treatment nya sangat sempurna, maka kontes bisa ditaklukan. “Tuning audio harus disesuaikan dengan selera dengar juri. Jadi juri suka suara dengan kharakter sound yang seperti apa,” papar Suryadi.

yaris-s3
Sistem Audio 20 Juta
Yang bakal SO bahas kali ini adalah system audio yang menggunakan system audio kelas 20 juta. System yang dipadukan oleh Suryadi yakni Pioneer DEXP99RS, sebagai main source pada system SQ kali ini. Speaker Crescendo Opus 8.9A, dipilih lantaran system ini adalah 3 way, pasalnya system ini memiliki kharakter suara yang lengkap, mulai dari high, mid dan low.

Speaker bekerja didukung dengan amplifier Genesis Profile 5 sebagai power utama yang memiliki kanal berjumlah lima. 4 kanal untuk speaker kiri dan kanan, sementara 1 kanal disalurkan untuk subwoofer 10” milik Crescendo Etude.

Treatment
Ada jurus lain agar suara di kabin disukai oleh juri. Pertama kabin harus senyam dari suara bising dari luar kabin maupun suara getaran saat mobil dihidupkan. Suryadi melapisi mobil dengan peredam disekujur dinding kabin. Peredam inilah yang menjadi noise killer agar suara menjadi lebih hening.

yaris-s2
Selain itu agar suara menjadi fokus dan tata panggung sempurna, treatment seperti kayu sunmook dan akustikal layaknya home audio turut dipasang di sekitar dashboard dan kaca depan. Rasanya treatment akustikal ini memang sudah banyak dipakai oleh penggemar SQ. Namun pengalaman tuning dan jam terbang di kontes audio mampu menempatkan posisi tepat equipment akustikal.

Bicara mobil kontes biasanya, para audio mania sering melupakan kelengkapan kendaaan. Seperti ban serep maupun tools. Nah untuk mobil ini, Suryadi memang tetap memperhatikan hal tersebut, pasalnya dalam kontes EMMA, ban serep maupun tools menjadi salah satu point instalasi yang harus tersedia di mobil. Bila tidak ada maka akan dipotong point. Bagasi belakang walaupun telah dijadikan space bagi rack amplifier dan enclosure subwoofer namun kelengkapan kendaan ini masih tersedia. Instalasi yang masih mengedepankan sisi keamanan.

Spesifikasi :
Head Unit : Pioneer DEX P99RS
Speaker : Crescendo Opus 8.9A
Amplifier : Genesis Profile 5
Subwoofer : Crescendo Etude 2.10
Batcap X400
Perkabelan :
Tweeter : Harmonic Harmony Interlude
Midrange : Harmonic Harmony Accapela
Midbass : Cardass Crosslink
RCA : Harmonic Harmony Interlude Standard

source : http://www.situsotomotif.com/modifikasi-tuning/gallery-mobil-modifikasi/toyota-yaris-s-limited-2006-hanya-1-pekan-3-trophy-juara-sq-diraih

1 komentar: