Sabtu, 19 Juni 2010

Ramaikan Pasar dengan TRD Sportivo Republika

Setelah Fortuner dan Vios, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali meluncurkan edisi TRD untuk line up-nya. Kali ini, giliran Yaris yang dilengkapi dengan edisi TRD Sportivo ver 2.

"Animo TRD cukup baik. Makanya, sekarang kami coba lakukan versi 2 dengan perubahan pada eksterior yang lebih mewah dan keren," kata Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, pada saat peluncuran Yaris TRD Sportive di Jakarta, belum lama ini.

Ia menambahkan, kehadiran Yaris TRD Sportivo diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang berjiwa muda yang menghendaki mobil sporty. Tidak hanya dari sisi penampilan, tetapi juga dari sisi performa.

"Setiap tahun pasar di segmen hatchback terus meningkat. Yaris TRD Sportivo ini kami keluarkan untuk membuat persaingan di segmen ini semakin seru," ujar Direktur Pemasaran TAM, Joko Trisanyoto.

Meskipun begitu, lanjutnya, TAM tidak terlalu berharap versi modifikasi ini akan menyumbangkan angka penjualan yang siginifikan. Joko mengaku, target produk ini disesuaikan dengan permintaan pasar. Namun, untuk penjajakan diharapkan dapat terjual 20 unit per bulan.

Tahun ini, kata Joko, pasar hatchback diperkirakan sebesar 4.450 unit per bulan. Angka ini meningkat dari tahun lalu yang hanya sebesar 3.300 unit per bulan. Namun, belum dapat menyamai kondisi pasar pada 2008 yang mencapai 5.600 unit per bulan.

Sebelumnya, TAM juga pernah menghadirkan Yaris TRD Sportivo sekira dua tahun lalu. Tepatnya saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008. Saat itu, perubahan dilakukan sistem suspensi dan body kit sehingga membuat sensasi mengemudi mobil balap bisa dilakukan di jalan raya.

Bedanya dengan versi kali ini adalah basis produknya. Sebelumnya, Yaris TRD Sportivo diambil dari basis Yaris tipe G. Di versi kedua ini, dikembangkan dari basis Yaris tipe S Limited. Jadi, fiturnya lebih lengkap.

Dengan harga Rp 240,45 juta (selisih Rp 26 juta), produk ini dilengkapi dengan berbagai tambahan dari sisi eksterior. Sedangkan dari sisi interior, tidak ada perubahan. Aksesoris TRD yang melekat di bagian eksterior antara lain, aerokit TRD dengan tampilan dinamis. Mulai dari front bumper spoiler, rear bumper spoiler, roof spoiler, muffler cutter, tape stripe LH/RH, dan TRD emblem.

Bagian roda pun dilengkapi dengan wheel disc TRD Sportivo. Tidak ketinggalan suspensi TRD untuk kebutuhan sport yang sanggup memberikan tingkat pengendalian (handling) lebih sempurna untuk menaklukan berbagai tikungan. Sedangkan untuk dapur pacu, produk ini masih menggunakan 1NZ-FE VVT-i.

Karena basis pengembangannya dari tipe S Limited, maka Yaris TRD ver 2 ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang telah ada di tipe tersebut. Seperti, smart entry system, smart start/stop system, steering switch dan new audio connector yang berfungsi sebagai auxiliary input (aux-in).

"Versi kali ini hadir dengan warna putih. Karena memang putih saat ini sedang tren, khususnya untuk kesan sport. Selain itu agar konsumen tidak bingung karena memang jumlahnya hanya sedikit," papar Joko.

Release Date  : Kamis, 03 Juni 2010
Media   : Republika, at page 22, size 700 mmk
Journalist  : faqih
Source  : Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan; Direktur Pemasaran TAM, Joko Trisanyoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar